ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SOCIAL COMMERCE PRODUK OLAHAN BUAH DAN SAYUR (@APELICIOUS.OFFICIAL)

Authors

  • Rojaunnajah Kartika Ainiyah
  • Teguh Soedarto

Abstract

Perkembangan era digitalisasi membawa dampak adanya transformasi dari kebiasaan bertransaksi belanja secara tatap muka menjadi transaksi digital yang akhirnya memunculkan digital marketing menggunakan media sosial, seperti TikTok yang menempati peringkat teratas sebagai social commerce 2022 di Indonesia. Akun TikTok @apelicious.official menjual oleh-oleh Apelicious dari Malang dengan produk unggulan berupa keripik dan kerupuk (buah serta sayur) yang mempunyai followers dengan jumlah 191.300 (pertanggal 08 Oktober 2022) dan berhasil menjual ribuan paket setiap minggu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) teknik digital marketing, (2) efektivitas penggunaan TikTok berdasarkan three layers of social media, dan (3) penjualan produk melalui TikTok Shop produk oleh-oleh Malang Apelicious pada akun TikTok @apelicious.official. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder; penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus; dan metode pengumpulan data menggunakan teknik analisis konten. Teknik digital marketing yang digunakan oleh @apelicious.official adalah bercerita, promosi, tutorial, dan testimoni. Hasil media analysis pada matriks reach, engagement, dan virality menujukkan konten yang ditayangkan mendapat apresiasi yang positif, kreator sukses membuat konten, dan memanfaatkan hashtag yang relevan. Pada conversation analysis audiens berinteraksi dengan tone yang positif, tetapi pada network analysis, saat ini belum ada video pada akun TikTok @apelicious.official yang berkolaborasi dengan influencer TikTok untuk mempromosikan produk. Penjualan produk yang paling tinggi menggunakan strategi bundling yaitu paket kerupuk buah fruta 5 pcs terjual sebanyak 12.900 produk dan paket keripik buah fruta 4 pcs terjual sebanyak 12.300 produk. Sedangkan, jumlah penjualan produk yang paling rendah, yaitu keripik cabai mix fruta dengan 10 penjualan dan keripik cabai rawit fruta dengan 30 penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-11-2022

How to Cite

Rojaunnajah Kartika Ainiyah, & Teguh Soedarto. (2022). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SOCIAL COMMERCE PRODUK OLAHAN BUAH DAN SAYUR (@APELICIOUS.OFFICIAL). SEMAGRI, 3(1). Retrieved from https://semagri.upnjatim.ac.id/index.php/semagri/article/view/18