STRATEGI PEMASARAN MANGGA ALPUKAT (KLONAL 21) DI KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Pemasaran sangat penting setelah melakukan proses produksi komoditas pertanian. selain mempengaruhi motivasi petani guna terus menanam produk pertanian jika harga yang diberikan layak bagi kemajuan usaha. tujuan penelitian yang dilakukan adalah menganalisis strategi pemasaran mangga klonal 21 di Kabupaten Pasuruan. Metode analisis data yang digunakan analisis SWOT dan Matriks GSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan petani berdasarkan matriks QSPM berupa pengembangan off season guna memenuhi permintaan pasar serta meningkatkan ekonomi petani. Bekerja sama dengan lembaga perkreditan guna menambah modal petani yang masih kurang. Strategi bersaing yang dapat digunakan berupa melakukan pengembangan terhadap produk olahan mangga klonal 21 serta melakukan pengembangan SDM berupa pengaplikasian teknologi baru guna menunjang kualitas dan kuantitas mangga klonal 21.